menu melayang

Cara jitu Marketing Otomotif Untuk Dongkrak Penjualan Agar Mencapai Target

Cara jitu Marketing Otomotif Untuk Dongkrak Penjualan Agar Mencapai Target


Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang, pada saat ini kebiasaan konsumen yang mencari informasi memang semakin canggih. Sebelumnya ada koneksi internet yang mudah didapat, konsumen akan berkeliling dealer untuk mencari kendaraan yang mereka inginkan. Namun pada saat ini, kebiasaan tersebut sudah tidak banyak dilakukan oleh konsumen. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Google, sekitar 95 % pembeli kendaraan akan menggunakan media digital sebagai sumber untuk menemukan informasi-informasi yang mereka butuhkan. konsumen juga akan melakukan penelitian terlebih dahulu secara online sebelum memutuskan untuk membeli sebuah kendaraan. Meskipun demikian, perlu Anda ketahui bahwa untuk sekarang, sebagian besar pembelian masih tetap dilakukan secara offline di dealer dekat dengan daerah mereka.

Jadi, peran digital marketing di sini adalah untuk meningkatkan visibilitas layanan Anda. Strategi ini akan membantu bisnis otomotif Anda agar lebih mudah ditemukan calon konsumen ketika mereka melakukan pencarian secara online. Jika bisnis Anda dapat dijangkau oleh banyak calon konsumen secara online, maka kunjungan dealer juga akan lebih meningkat sehingga penjualan kendaraan juga akan semakin bertambah.

Berikut beberapa strategi digital marketing otomotif yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan.


1. Mengembangkan website perusahaan

Startegi digital marketing otomotif yang pertama adalah menghadirkan online presence. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan cara mengembangkan sebuah website perusahaan. Website memiliki beberapa jenis seperti website untuk company profile, e-commerce, marketplace, aplikasi berbasis website (PWA), dan masih banyak lagi. Jadi ketika Anda berencana untuk mengembangkan sebuah website untuk bisnis otomotif, maka pilih jenis website yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.  

Ketika mengembangkan website untuk bisnis otomotif, sediakan konten yang informatif dan lengkap. Jangan biarkan website kekurangan konten sehingga calon konsumen beralih ke web pesaing karena tidak menemukan informasi yang mereka butuhkan di website Anda.

Selain itu, agar calon konsumen betah menjelajahi isi web, maka website harus mudah untuk diakses. Website harus dapat bekerja dengan cepat, memiliki design UI dan UX yang mudah dipahami, mobile friendly, aman, dan lain-lain. Anda dapat mempercayakan proses pembuatan website perusahaan ini pada web developer terpercaya yang sudah benar-benar memahami apa kebutuhan bisnis dan kebutuhan pelanggan. Dengan demikian, bisnis Anda akan memiliki online presence yang berkualitas.

2. Lakukan optimasi SEO pada halaman web Anda

Setelah Anda mengembangkan website dengan konten informatif dan berguna bagi konsumen, maka langkah selanjutnya adalah melakukan optimasi SEO. Cara ini dilakukan agar website Anda dapat ditemukan oleh calon pelanggan secara organik atau tidak berbayar. 

Secara garis besar, optimasi SEO adalah proses untuk meningkatkan web ranking di mesin pencarian Google. Jadi, ketika calon konsumen melakukan pencarian informasi di Google, maka website Anda akan ditampilkan di peringkat teratas Google.

Jika target penjualan Anda adalah konsumen di area lokal, Anda dapat mengandalkan strategi optimasi local SEO. Strategi ini dapat mengoptimalkan halaman web agar mendapat visibilitas yang tinggi untuk pencarian pencarian lokal. Dengan cara ini, website Anda akan memperoleh lebih banyak traffic sehingga peluang untuk mengarahkan konsumen agar datang ke dealer akan terbuka lebih besar. 

Optimasi SEO dapat menjadi strategi meningkatkan penjualan yang cukup efektif dan efisien karena sebagian besar pembeli kendaraan saat ini melakukan riset online di Google.

3. Lakukan SEM (Search Engine Marketing)

Strategi digital marketing SEM hampir sama dengan optimasi SEO. Cara ini juga dilakukan agar website Anda bisa menduduki peringkat tertinggi di Google sehingga mendatangkan lebih banyak web traffic.

Salah satu hal yang membedakan antara SEO dan SEM adalah biaya yang harus dikeluarkan. Jika optimasi SEO dapat dilakukan secara organik atau gratis, maka SEM merupakan strategi untuk mendapatkan traffic secara berbayar.

Secara garis besar, SEM dapat diartikan seperti membeli ruang di bagian atas pada hasil pencarian di Google. Jika Anda ingin menggunakan strategi ini, Anda dapat registrasi terlebih dahulu di Google Adwords kemudian memilih kata kunci yang berkaitan dengan bisnis otomotif Anda. Ketika terdapat calon konsumen di internet yang mencari kata kunci yang sudah Anda pilih, maka dengan mudah Google akan menampilkan website Anda di halaman pertama.

Cara ini juga bisa Anda lakukan sebagai strategi meningkatkan penjualan kendaraan karena dapat menempatkan web Anda di posisi teratas dalam waktu yang cepat.

3. Email Marketing

Strategi digital marketing otomotif selanjutnya adalah email marketing. Seperti yag sudah kita ketahui, bisnis otomotif seringkali memberikan potongan harga atau diskon besar-besaran sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan kendaraan. Namun bagaimana jadinya jika informasi tersebut tidak dapat dijangkau oleh target market yang tepat? Tentu strategi tersebut tidak akan memberikan hasil yang optimal. Solusinya, Anda dapat menggunakan email marketing untuk menyebarkan informasi tersebut.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk melakukan strategi ini adalah dengan membangun list penerima email. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan email konsumen, seperti:

  • Mengeluarkan formulir pop up di website
  • Tawarkan insentif agar pelanggan mau melakukan subscription pada email Anda
  • Jika web Anda memiliki blog di dalamnya, Anda dapat secara konsisten menyertakan CTA di setiap akhir artikel. Dorong pelanggan untuk mau mendaftarkan email mereka sehingga pelanggan dapat menerima info-info terbaru dari perusahaan Anda.

Setelah Anda memiliki list email dari para pelanggan, Anda dapat secara rutin mengirimkan pesan informatif untuk pelanggan. Jangan lupa untuk menambahkan Call to Action untuk mengarahkan pelanggan ke website, produk, atau info promo yang ingin Anda informasikan kepada pelanggan.

Selain dapat menghasilkan lebih banyak konversi, email marketing juga dapat membantu bisnis dalam membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan. Oleh karena itu, strategi digital marketing otomotif ini juga perlu Anda lakukan.


Sumber: www.freepik.com/macrovector

4. Social Media Marketing

Saat ini social media juga menjadi media yang dipergunakan untuk melakukan transaksi jual beli. Itulah sebabnya mengapa banyak konsumen yang mencari info mengenai sebuah produk melalui social media seperti Facebook, Instagram, atau bahkan Youtube. Untuk menjangkau konsumen yang mencari informasi melalui social media, maka Anda perlu membangun online presence pada platform tersebut.

Agar sebuah social media dapat mendorong penjualan, maka Anda harus memposting konten-konten informatif dan menarik yang mampu meningkatkan social media engagement. Salah satu contohnya seperti pembuatan konten video yang mengulas pengalaman positif dari pelanggan-pelanggan sebelumnya. 

Selain dapat meningkatkan engagement, konten seperti itu juga dapat membangun kepercayaan dari prospek pelanggan Anda. Hal tersebut tentu Anda butuhkan karena salah satu tantangan ketika mempromosikan sebuah layanan secara online adalah untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Perlu Anda ketahui, pemasaran melalui social media juga dapat dilakukan melalui iklan berbayar. Layanan ini disediakan agar pemilik bisnis dapat mempromosikan produk atau layanan mereka di platform social media.

Strategi ini sebenarnya sudah cukup populer dan banyak dilakukan oleh para pemilik bisnis. Salah satu media yang paling sering digunakan adalah Facebook Ads.

Ketika menggunakan Facebook Ads, Anda dapat membuat iklan yang ditargetkan secara spesifik mulai dari lokasi pelanggan, demografi, profil pelanggan, dan masih banyak lagi. Selain itu Facebook Ads Manager juga menawarkan layanan Special Ads Audiences yang dapat membantu Anda untuk menjangkau banyak audiens yang cenderung akan berinteraksi dengan iklan Anda. Dengan demikian, iklan dapat dilihat oleh target market yang tepat sehingga Anda akan memiliki lebih banyak peluang untuk menghasilkan penjualan.  

5. Content marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran digital yang dilakukan dengan membuat dan memasarkan konten yang bermanfaat kepada target audiens untuk membangun loyalitas merek dan meningkatkan penjualan. Strategi digital marketing otomotif ini mengharuskan Anda untuk selalu berfikir kreatif mengenai konten-konten yang akan Anda publish.

Jika Anda membuat konten berupa teks (artikel), maka tulisan tersebut harus memberikan manfaat yang menarik banyak orang. Anda juga harus melakukan penelitian mengenai topik-topik apa saja yang sedang dibicarakan oleh banyak orang. Setelah itu, berikan Call to Action yang mengarahkan audiens ke layanan utama Anda. 

Selain membuat konten dalam bentuk teks, Anda juga bisa membuat konten interaktif dalam bentuk video atau gambar. Beberapa contoh ide konten video yang bisa Anda buat seperti:

  • Tips merawat mobil
  • Testimoni dari pelanggan yang puas dengan layanan Anda
  • Video teaser tentang kendaraan atau fitur baru, dan lain-lain

Dalam menjalankan content marketing, usahakan untuk selalu membuat konten yang menarik dan mempunyai nilai engagement yang tinggi sehingga banyak disukai oleh masyarakat luas.

Kesimpulan

Persaingan bisnis di industri otomotif sudah semakin ketat. Para marketer melakukan berbagai cara untuk bisa menghasilkan lebih banyak penjualan. Di era serba digital seperti saat ini, strategi digital marketing otomotif tentu harus menjadi bagian dari pemasaran Anda.

Jika saat ini Anda belum mengetahui bagaimana cara melakukan beragam strategi digital marketing otomotif di atas, Anda tidak perlu khawatir karena Kami dapat membantu Anda. Kami memiliki tim digital marketing yang sudah berpengalaman dalam menangani pemasaran produk atau layanan di bidang otomotif. Kami dapat melakukan optimasi SEO, social media ads, SEM, dan lain-lain.

Sudah banyak klien yang merasa terbantu dengan layanan kami. Jadi, tunggu apa lagi? Silakan hubungi kami sekarang juga atau klik Layanan Digital Marketing Mobil untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan digital marketing kami. 

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel

Popular Post

Label